Sunday , August 25 2019
Home » Steam Boiler » Perbedaan Steam Boiler dan Thermal Oil Heater

Perbedaan Steam Boiler dan Thermal Oil Heater

Perbedan Steam Boiler dan Thermal Oil Heater

Berbagai jenis boiler yang beredar dipasaran membuat para user bingung dan banyak bertanya, “apa pak perbedaan anatara Steam Boiler dengan Thermal Oil Heater. Karena banyakna bermunculan pertanyaan yang diajukan, maka disini akan kami rangkum sedetail mungkin agar anda lebih mengenal tentang steam boiler dan thermal oil heater.

Perbedaan Steam Boiler dan Thermal Oil Heater

Jual Steam boiler Gas LPG, PGN, CNG, SolarPada dasarnya ke dua jenis boiler tersebut adalah sama, sama dalam artian untuk sistem pembakaranya menggunakan burner jika thermal oil heater menggunakan bahan bakar gas dan solar. Terus apa dong yang membedakan ?”. Secara pengoprasian steam boiler menggunakan media air yang sudah di treatment dimana air tersebut akan di panaskan di dalam boiler agar menghasilkan tekanan dan steam, maka steam ini lah yang nantinya akan ditransfer ke proses sebagai penghantar panasnya. Sedangkan untuk Thermal oil heater sendiri bekerja berdasarkan media sirkulasi dengan menggunakan minya HTO (Heat Transfer Oil) sebagai penghantar panasnya.

Kelebihan Steam Boiler dan Thermal Oil Heater

Jual Thermal Oil Heater hot oil boiler Gas LPG, PGN, CNG, SolarSteam boiler memiliki kelebihan dimana panas yang dihasilkan di imbangi dengan tekanan dan sangat berguna jika pada area proses atau area produksi membutuhkan panas dan tekanan seperti mesin autoclafe. Sedangkan untuk Thermal Oil Heater dapat bekerja dengan menghasilkan panas hingga 350 derajad C hanya dengan menghandalkan tekanan dari pompa sirkulasi. Selain itu kelebihan dalam penggunakan keseharian thermal oil heater atau hot oil boiler tidak memerlukan air dan chemical melainkan hanya membutuhkan minyak HTO yang hanya sekali diisa pada saat commissioning awal dan dapat bertahan min 5tahun. Dari sini user dapat menggencet cost untuk pembelian chemical.

Kelebihan ke tiga Thermal oil tidak membutuhkan sertifikat Depnaker (kecuali user membutuhkan) karena hot oil boiler atau thermal oil heater tidak tergolong bejana bertekanan tinggi sehingga masih aman dari bahaya pressure. Kelebihan ke empat thermal oil tidak perlu cleaning tahunan, dimana steam boiler pada umumnya wajib dilakukan cleaning tahunan 1 hingga 2x.

Kekurangan Steam Boiler dan Thermal Oil Heater

Steam Boiler : Steam boiler harus menggunakan air yang sudah di treatment dengan campuran chemical, Wajib menggunakan Izin operasional dari Depnaker, Rentan akan bahaya ledakan, Untuk mencapai temperatur 250 derajad C steam boiler harus beroprasai pada tekanan lebih dari 20bar, Wajib diadakan cleaning tahunan dimana pada umumnya 1 hingga 2x.

Thermal Oil Heater : Tidak rekomended jika diaplikasikan pada industri foodgrade yang membutuhkan temperatur lebih dari 190 derajad C. Terkecuali jika hanya digunakan untuk sistem pemanasan pada temperatur dibawah 190 derajad C masih dapat menggunakan minyak goreng sebagai pengganti HTO (Heat Tranasfer Oil).

Nah, bagaiman sekarang..Apakah anada sudah paham mengani Thermal Oil Hetaer dan steam boiler ?

About IDM Boiler

Check Also

Jual Boiler Marine Kapal Tangker pemanas CPO MFO Palm Oil dan Crude Oil KECIL

Jual Boiler Steam Model Watertube

Spesialist Fabrikasi Steam Boiler PT INDIRA DWI MITRA ialah spesialist fabrikasi boiler di Indonesia dengan …

error: Content is protected !!